1 Permohonan untuk Pengembalian Barang/Dana
Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang ini serta Syarat Layanan, Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian barang yang dibeli (“Barang”) dan/atau pengembalian dana sebelum berakhirnya Masa Garansi pavingblockmyid seperti yang tercantum dalam Syarat Layanan.
Garansi pavingblockmyid adalah layanan yang disediakan oleh pavingblockmyid, atas permintaan Pengguna, untuk membantu Pengguna dalam menangani konflik tertentu yang mungkin timbul selama jalannya transaksi. Pengguna dapat saling berkomunikasi secara pribadi untuk menyelesaikan perbedaan mereka atau menghubungi pihak berwenang setempat untuk membantu mereka mengatasi sengketa yang terjadi sebelum, selama atau setelah menggunakan Garansi pavingblockmyid.
2 Permohonan untuk Pengembalian Barang dan/atau Pengembalian Dana
Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana dalam situasi berikut:
● Barang belum diterima oleh Pembeli;
● Barang tersebut cacat dan/atau rusak saat diterima;
● Penjual telah mengirimkan Barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati (misalnya salah ukuran, warna, dsb.) kepada Pembeli;
● Barang yang dikirimkan kepada Pembeli secara material berbeda dari deskripsi yang diberikan oleh Penjual dalam daftar Barang; atau
● Melalui kesepakatan pribadi dengan Penjual dan Penjual harus mengirimkan konfirmasi kepada pavingblockmyid mengenai kesepakatan tersebut.
Permohonan Pembeli harus dikirimkan melalui Situs.
pavingblockmyid akan meninjau setiap permohonan Pembeli kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli berhasil atau tidak.
Jika Pembeli telah memulai tindakan hukum terhadap Penjual, Pembeli dapat memberikan pemberitahuan formal dari pihak yang berwenang kepada pavingblockmyid untuk meminta pavingblockmyid terus menahan uang pembelian sampai penetapan resmi tersedia. Atas kebijakannya sendiri yang mutlak, pavingblockmyid akan menetapkan apakah perlu untuk terus menahan uang pembelian tersebut.
3 Tidak Ada Perubahan Pikiran
Kecuali dinyatakan dalam Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang ini, Pembeli tidak boleh mengajukan permohonan pengembalian Barang dan/atau dana melalui Garansi pavingblockmyid karena ia berubah pikiran.
4 Hak Penjual
Ketika pavingblockmyid menerima permohonan dari Pembeli untuk pengembalian Barang dan/atau pengembalian dana, pavingblockmyid akan melakukan peninjauan dan pemeriksaan atas permohonan dari Pembeli sebelum memberitahukan Penjual secara tertulis. Kecuali dalam hal permohonan dari Pembeli membutuhkan konfirmasi lebih lanjut dari atau pemeriksaan lebih lanjut dengan melibatkan Penjual, maka pavingblockmyid akan meninjau setiap tanggapan Penjual secara kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli melawan situasi yang dikemukakan oleh Penjual tersebut berhasil atau tidak.
Di beberapa kondisi dimana Penjual keberatan dengan keputusan yang diambil oleh pavingblockmyid, Penjual dapat menanggapi permohonan Pembeli sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan pavingblockmyid dalam pemberitahuan tertulis. Penjual harus menanggapi dalam jangka waktu yang ditetapkan dalam pemberitahuan tertulis (“Jangka Waktu yang Ditetapkan”). Apabila pavingblockmyid tidak mendengar kabar dari Penjual dalam Jangka Waktu yang Ditetapkan, pavingblockmyid akan menganggap Penjual tidak memiliki tanggapan lebih lanjut atas permohonan Pembeli dan akan melanjutkan untuk memberikan keputusan atas permohonan Pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Penjual.
5 Syarat Mengembalikan Barang
Untuk menikmati pengalaman yang tidak merepotkan saat mengembalikan Barang, Pembeli harus memastikan bahwa Barang, termasuk setiap barang gratis/bawaan seperti aksesoris yang datang bersama dengan Barang, harus dikembalikan kepada Penjual dalam kondisi yang diterima oleh Pembeli pada saat pengiriman. Kami akan menyarankan Pembeli untuk mengambil foto Barang pada saat diterima.
6 Tanggung Jawab Biaya Pengiriman Barang Yang Dikembalikan
● Dalam skenario kesalahan yang tidak terduga dari sisi Penjual (yaitu produk rusak, cacat atau salah dikirimkan ke Pembeli), Penjual atau Pembeli akan menanggung biaya pengiriman pengembalian Barang bergantung pada kesepakatan Penjual dan Pembeli;
● Dalam skenario dimana Penjual dan Pembeli mempersengketakan siapa pihak yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman Barang yang dikembalikan, pavingblockmyid atas kebijakannya sendiri akan menentukan siapa pihak yang akan bertanggung jawab atas biaya pengiriman pengembalian Barang.
7 Pengembalian Dana
Uang Pembeli hanya akan dikembalikan setelah pavingblockmyid menerima konfirmasi dari Penjual bahwa Penjual telah menerima Barang yang dikembalikan. Apabila pavingblockmyid tidak mendengar dari Penjual dalam jangka waktu yang ditentukan, pavingblockmyid memiliki kebebasan untuk mengembalikan jumlah yang sesuai kepada Pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Penjual. Untuk informasi lebih lanjut tentang batas waktu tanggapan Penjual, silakan klik di sini. Pengembalian dana akan dilakukan ke kartu kredit atau akun pavingblockmyidPay Pembeli, yang mana yang sesuai.
8 Komunikasi Antara Pembeli dan Penjual
Dengan tidak mengenyampingkan ketentuan di dalam Bagian 4 di atas, pavingblockmyid mendorong Pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain jika timbul masalah dalam suatu transaksi sebelum menyampaikan permohonan pengembalian uang atau Barang kepada pavingblockmyid. Karena pavingblockmyid hanyalah sebuah platform tempat Pengguna melakukan perdagangan, Pembeli harus terlebih dahulu menghubungi Penjual secara langsung melalui situs atau aplikasi pavingblockmyid untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Barang yang dibeli sebelum menyampaikan permohonan pengembalian uang atau Barang kepada pavingblockmyid.